Cara berobat gratis dengan Kartu Jakarta Sehat
Jumat, 14 Desember 2012 - 13:52:16 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Jakarta Kita - Dibaca: 2293 kali


Saat ini warga Jakarta sudah bisa melakukan pengobatan gratis di Puskesmas dan Rumah Sakit dengan menggunakan Kartu Jakarta Sehat atau KJS. Program ini merupakan program utama dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jokowidodo dan Ahok.  Namun masih banyak dari warga Jakarta yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan pengobatan gratis tersebut. Rakyat Jakarta Online memberikan cara melakukannya.
Sebagian rakyat Jakarta sudah memiliki KJS yang benar-benar dalam bentuk kartu, sebagian besar belum. Namun anda tidak pelu khawatir, karena kita semua dapat menikmati fasilitas kesehatan gratis tersebut. Demikian cara melakukannya bagi yang belum memiliki KJS dalam bentuk kartu.

1.    Anda harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang berkedudukan di DKI Jakarta.
2.    Dengan bermodalkan KTP dan KK DKI Jakarta, anda langsung ke Puskesmas, untuk bisa berobat di Puskesmas atau meminta rujukan dokter di Puskesmas, jika anda memerlukan periksa ke rumah sakit.
3.    Jika anda harus ke rumah sakit, anda harus meminta rujukan dari dokter di Puskesmas dan Puskesmas merujuk anda ke rumah sakit mana, anda dapat berobat.
4.    Setelah mendapat rujukan dari dokter di Puskesmas, anda bisa langsung ke rumah sakit yang sudah di tetapkan sebagai pelaksana KJS.
5.    Anda harus memfoto copy rujukan Puskesmas dan KTP sebanyak masing-masing tiga lembar.
6.    Begitu sampai di rumah sakit yang telah di rujuk, anda bisa langsung mendaftarkan diri di tempat pendaftaran pasien dan menunggu panggilan petugas untuk memeriksakan atau berobat di bagian mana anda harus diperiksa.
7.    Setiap berkas medis anda akan di stempel bertuliskan KJS.
Demikian rumah sakit di Provinsi DKI Jakarta yang dapat kita akses dengan KJS :
1.    Jakarta Pusat:  RS Cipto Mangunkusumo, RSAL Mintoharjo, RSPAD Gatot Soebroto. RS Moh. Ridwan Maureksa, RSUD Tarakan, RS Pertamina Jaya, RS Kramat 128, RS Moh.Husni Thamrin, RS Sint Carolus, RS PGI Cikini, RS Islam Jakarta, RS Husada,RS Menteng Mitra Afia, RSB Budi Kemuliaan dan Klinik Hemodialisa Tidore.

2.    Jakarta Selatan: RS Fatmawati, RS Marinir Cilandak, RS Pusat Pertamina, RS Jakarta, RS Agung, RS Setia Mitra, RS Zahirah, RS. Dr. Suyoto, RS Bhayangkara Selapa Polri, RSIA Budi Jaya, Jakarta Medical Centre II, Klinik Hemodialisa Cipta Husada dan Jakarta Kidney Center.

3.    Jakarta Utara: RSUD Koja, RS Pelabuhan Jakarta, RS Atmajaya, RS Satyanegara, RS Sukmul Sisma Medika, RS Islam Jakarta Utara, RS Port Medical Center, RSPI Prof. Sulianti Saroso, RSIA Hermina Podomoro, RS Mulyasari dan Klinik Hemodialisa Lions.

4.    Jakarta Timur : RS Persahabatan, RS Kesdam Jaya Cijantung, RS Polri Sukanto, RS Pusdikes, RSPAU Antariksa, RSUD Pasar Rebo, RSUD Budi Asih, RS Haji Jakarta, RS Harapan Bunda, RS UKI Cawang, RS Harum, RS Islam Jakarta Timur, RS Harapan Jayakarta, RS Kartika Pulo Mas, RS Mediros, RS Rawamangun, RSJ Bunga Rampai, RSKO Cibubur, RS Duren Sawit, Yayasan Ginjal Diatrans Indonesia, RSIA Hermina Jatinegara dan RSIA Bunda Aliyah.
5.    Jakarta Barat: RS Pelni, RS Puri Mandiri Kedoya, RS Sumber Waras, RS Bhakti Mulia, RS Patria IKKT, RS Medika Permata Hijau, RSUD Cengkareng, RSKB Cinta Kasih Tzu Chi, RSJ Jakarta, RS Kanker Dharmais, RSAB Harapan Kita dan RS Jantung Harapan Kita.

6.    Luar Jakarta: RSU Tangerang, RSJ Bogor dan RS Kusta Sitanala Tangerang.


komentar

Berita Terkait


DPRD Batal Interpelasi Jokowi



SBY Ikut Prihatin, 90 Buah Pabrik Akan Hengkang dari Jabodetabek



Teknologi Penyemaian Garam BPPT Sukses Minimalisir Curah Hujan